BLANTERORIONv101

Menjelajah Dunia FOSS: Pengganti Autodesk berbasis FOSS

3 Juli 2023

Bismillah

Singkat: Pada artikel ini, kami mencantumkan pengganti produk Autodesk terbaik untuk Distro Linux. pengganti ini juga tersedia secara bebas dan terbuka (FOSS: Free and Open Source Software). Meski dikatakan pada judul untuk Distro Linux atau distirbusinya, mungkin beberapa software tersedia untuk lintas platform (cross platform).

Sebelum kita masuk, kita sedikit bercerita lebih dahulu perjalanan Autodesk sebagai salah satu perusahaan teknologi yang terkenal di masyarakat.

Autodesk adalah perusahaan global yang memimpin dalam bidang perangkat lunak untuk arsitek, pembangun, insinyur, desainer, produsen, seniman 3D, dan tim produksi. Teknologi desain dan pembuatan Autodesk mencakup berbagai industri untuk memberdayakan para inovator di mana saja untuk menyelesaikan tantangan besar dan kecil.

Autodesk didirikan pada tahun 1982 oleh John Walker dan 12 orang lainnya. Perusahaan ini terkenal dengan produknya yang revolusioner seperti AutoCAD, Revit, Maya, 3ds Max, Fusion 360, dan banyak lagi. Autodesk juga menyediakan akses pendidikan gratis untuk produk dan layanannya bagi siswa dan pendidik yang memenuhi syarat.

Autodesk memiliki visi untuk membantu orang membayangkan, merancang, dan membuat dunia yang lebih baik. Perusahaan ini berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan, inklusi, kesehatan, dan inovasi sosial melalui teknologi dan kemitraan strategis.

Demikian cerita singkat tentang perjalanan Autodesk dari awal hingga tulisan ini dirilis. Dimana di artikel/laman ini kita akan membahas beberapa pengganti produk Microsoft untuk Distro Linux.

Pengganti Autodesk terbaik untuk Distro Linux

Dalam daftar ini kami mungkin menambahkan beberapa aplikasi non-FOSS (baca: bukan aplikasi bebas dan terbuka) karena memang kami belum dapat menemukan pengganti yang mirip untuk produk tersebut atau untuk menambah pemilihan sesuai dengan preferensi pengguna.

1. Pengganti untuk 3ds Max

Autodesk 3ds Max adalah program grafis komputer 3D profesional untuk membuat animasi 3D, model, game, dan gambar.

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

2. Pengganti untuk Arnold

Arnold adalah perangkat lunak untuk merender adegan tiga dimensi yang dihasilkan komputer dengan menggunakan teknik penelusuran jalur Monte Carlo yang tidak bias dan berbasis fisik.

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

3. Pengganti untuk AutoCAD

Autodesk AutoCAD adalah perangkat lunak desain dan perancangan berbantuan komputer (CAD). Perangkat lunak ini digunakan di industri, oleh arsitek, manajer proyek, insinyur, desainer grafis, perencana kota, dan profesional lainnya.

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

4. Pengganti untuk Eagle

EAGLE adalah aplikasi otomasi desain elektronik (EDA) yang dapat ditulis dengan pengambilan skematik, tata letak papan sirkuit cetak (PCB), router otomatis, dan fitur-fitur manufaktur berbantuan komputer (CAM).

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

5. Pengganti untuk Flame

Autodesk Flame adalah perangkat lunak efek visual 3D (VFX), finishing, dan penilaian warna.

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

6. Pengganti untuk Maya

Autodesk Maya membuat aset untuk aplikasi 3D interaktif (termasuk video game), film animasi, serial TV, dan efek visual.

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

7. Pengganti untuk MotionBuilder

MotionBuilder adalah perangkat lunak animasi karakter 3D. Perangkat lunak ini dirancang untuk sinematografi virtual, penangkapan gerakan, dan animasi keyframe tradisional. Menangkap, mengedit, dan memutar ulang animasi yang kompleks.

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

8. Pengganti untuk Mudbox

Autodesk Mudbox adalah perangkat lunak lukisan dan pahatan digital 3D. Memahat dan melukis geometri dan tekstur 3D yang sangat detail.

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

9. Pengganti untuk ReCap

Autodesk ReCap memungkinkan Anda membuat model digital yang kaya dan akurat dari kondisi yang ada. Ini memungkinkan pengguna bekerja dengan point cloud yang sebenarnya dari pemindaian laser.

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

10. Pengganti untuk ShotGrid

Autodesk ShotGrid adalah perangkat lunak manajemen proyek yang digunakan untuk manajemen proyek efek visual dan animasi dalam acara televisi, produksi film, dan pengembangan video game.

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

11. Pengganti untuk Sketchbook

Autodesk Sketchbook adalah aplikasi perangkat lunak grafis raster yang ditujukan untuk menggambar ekspresif dan membuat sketsa konsep. Aplikasi ini juga berguna untuk membuat animasi.

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

12. Pengganti untuk Tinkercad

Tinkercad adalah program pemodelan 3D online yang berjalan di browser web. Tinkercad menggunakan metode geometri padat konstruktif yang disederhanakan untuk membangun model.

Berikut adalah pengganti terbaiknya:

Itulah beberapa perangkat lunak bebas dan terbuka pengganti perangkat lunak produk Autodesk untuk Distro Linux. Beri tahu kami di komentar, produk perangkat lunak bebas dan terbuka mana yang Anda gunakan sebagai pengganti dari Produk Autodesk apa pun.

Link Referensi Penting:


Barakallahu fiikum

Creative Commons License
Tulisan ini berada di bawah naungan lisensi (perjanjian pengguna) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AI Projek
Temukan Pengetahuan Baru, Pelajari, Berubah, dan Bagikan Kebaikannya!

Komentar