BLANTERORIONv101

Pomatez: Aplikasi Timer Produktivitas dengan Fitur Menarik

16 Oktober 2023

Bismillah.

Apakah Anda sering merasa kesulitan untuk fokus pada pekerjaan atau belajar Anda? Apakah Anda merasa lelah dan bosan setelah berjam-jam menghadapi layar komputer? Apakah Anda ingin meningkatkan produktivitas dan kesehatan Anda dengan cara yang mudah dan menyenangkan? Jika jawaban Anda ya, maka Anda perlu mencoba pomatez, sebuah aplikasi timer produktivitas yang berbasis pada metode Pomodoro.

Mengenal Pomatez

Pomatez adalah sebuah aplikasi timer produktivitas yang terinspirasi dari metode Pomodoro, yang diciptakan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980-an. Metode Pomodoro adalah sebuah teknik manajemen waktu yang membagi pekerjaan atau belajar menjadi interval waktu yang disebut pomodori (tomat dalam bahasa Italia), biasanya berdurasi 25 menit, yang dipisahkan oleh jeda pendek, biasanya berdurasi 5 menit. Setelah empat pomodori, diambil jeda panjang, biasanya berdurasi 15-30 menit. Tujuan dari metode ini adalah untuk meningkatkan fokus, konsentrasi, dan efisiensi dalam menyelesaikan tugas, serta mengurangi kelelahan mental dan fisik.

Pomatez adalah sebuah aplikasi open-source yang dibuat oleh zidoro, seorang pengembang perangkat lunak asal Indonesia. Aplikasi ini ditulis dalam bahasa pemrograman TypeScript, dan dapat berjalan di Windows, Linux, dan macOS. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur menarik yang dapat membantu Anda menerapkan metode Pomodoro dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Fitur-fitur Pomatez

Berikut adalah beberapa fitur utama dari pomatez:

  • Aturan kustomisasi - fitur ini memungkinkan Anda untuk mengubah konfigurasi Pomodoro default sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Anda dapat menyesuaikan durasi pomodori, jeda pendek, jeda panjang, dan jumlah putaran.
  • Daftar tugas bawaan - fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat daftar sederhana dari hal-hal yang ingin Anda kerjakan atau selesaikan, dan menandai item yang sudah selesai.
  • Jeda layar penuh - fitur ini memaksa Anda untuk tidak melanjutkan pekerjaan selama waktu istirahat dengan mengisi seluruh layar komputer Anda, tetapi saat ini fitur ini belum mendukung monitor ganda.
  • Notifikasi desktop - fitur ini memberikan notifikasi desktop dari waktu ke waktu tergantung pada jenis notifikasi yang Anda pilih. Jenis notifikasi yang didukung adalah sebagai berikut; Tidak ada - tidak ada notifikasi yang ditampilkan. Normal - akan menampilkan notifikasi di setiap jeda. Ekstra - akan menampilkan notifikasi 60 detik sebelum jeda dimulai, dan 30 detik sebelum jeda berakhir, dan saat jeda dimulai.
  • Jeda spesial - fitur ini memungkinkan Anda untuk menetapkan waktu-waktu tertentu untuk mengambil istirahat penting seperti makan siang, camilan, makan malam, dan lain-lain tanpa harus mengubah konfigurasi Pomodoro.
  • Pintasan keyboard - fitur ini mungkin berguna bagi Anda tergantung pada kebutuhan Anda tetapi saat ini pintasan keyboard ini belum dapat dikustomisasi.
  • Pembaruan otomatis - aplikasi ini akan secara otomatis memeriksa pembaruan dan mengunduhnya di latar belakang. Anda akan diberitahu ketika pembaruan siap untuk diinstal.
  • Selalu di atas - fitur ini membuat aplikasi selalu berada di atas aplikasi lain yang sedang berjalan di sistem operasi Anda.
  • Minimalkan ke baki - fitur ini membuat tindakan meminimalkan tidak akan meminimalkan aplikasi tetapi menyembunyikannya di baki sistem.

Cara Menginstal Pomatez

Untuk menginstal pomatez, Anda dapat mengunduh file instalernya dari halaman rilis GitHub atau dari situs web resminya. Pilih file yang sesuai dengan sistem operasi dan arsitektur Anda, misalnya Pomatez-v1.3.0-linux-amd64.deb untuk Linux 64-bit, Pomatez-v1.3.0-win-arm64-setup.exe untuk Windows 64-bit atau Pomatez-v1.3.0-mac-x64.dmg untuk MacOS. Kemudian, jalankan file tersebut dan ikuti petunjuk instalasinya. Setelah selesai, Anda dapat menjalankan pomatez dari menu aplikasi atau dari terminal dengan mengetikkan pomatez.

Kesimpulan

Pomatez adalah sebuah aplikasi timer produktivitas yang berbasis pada metode Pomodoro yang dapat membantu Anda fokus, produktif, dan sehat. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur menarik yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Aplikasi ini juga mudah untuk diinstal dan digunakan di berbagai sistem operasi. Jika Anda tertarik untuk mencoba pomatez, Anda dapat mengunjungi situs web resminya atau halaman GitHub-nya untuk informasi lebih lanjut. Selamat mencoba dan tetap fokus!

Disclaimer: Sebagai tambahan bahwa informasi yang ada pada artikel ini adalah sesuai dengan saat kami menulis artikel ini, bisa saja di kemudian hari terjadi perubahan informasi yang menjadikan informasi di artikel ini kurang relevan karena perbadaan informasi yang ada dengan saat anda menemukan artikel ini. Oleh karena itu tetaplah mengikuti perkembangan yang ada melalui komunitas FOSS dan website resmi dari masing-masing progam komputer tersebut.

Terakhir, selamat mencoba dan berkarya!

Link Referensi Penting:


Barakallahu fiikum

Creative Commons License
Tulisan ini berada di bawah naungan lisensi (perjanjian pengguna) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Referensi:


AI Projek
Temukan Pengetahuan Baru, Pelajari, Berubah, dan Bagikan Kebaikannya!

Komentar