BLANTERORIONv101

Sweet Home 3D: Cara Mudah dan Menyenangkan Mendesain Rumah

10 November 2023

Bismillah.

Anda pasti pernah bermimpi memiliki rumah yang sesuai dengan keinginan dan selera Anda. Rumah yang nyaman, indah, dan unik. Rumah yang mencerminkan kepribadian dan gaya hidup Anda. Tapi, bagaimana cara mewujudkan mimpi tersebut? Apakah Anda harus menyewa arsitek profesional yang mahal? Apakah Anda harus belajar menggambar denah rumah yang rumit? Apakah Anda harus membeli peralatan desain yang mahal? Tentu tidak! Anda hanya perlu satu aplikasi yang dapat membantu Anda mendesain rumah Anda sendiri dengan mudah dan menyenangkan. Aplikasi tersebut adalah Sweet Home 3D.

Mengenal Sweet Home 3D

Sweet Home 3D adalah aplikasi desain interior yang dapat mengubah Anda menjadi arsitek rumah impian Anda. Dengan Sweet Home 3D, Anda dapat menggambar denah rumah Anda, menata furnitur dan aksesoris rumah, dan melihat hasilnya dalam tampilan 3D yang realistis. Anda juga dapat membuat gambar, video, atau file PDF dari hasil desain Anda, dan membagikannya dengan orang lain.

Fitur Sweet Home 3D

Sweet Home 3D memiliki fitur-fitur yang lengkap dan mudah digunakan, antara lain:

  • Menggambar denah rumah dengan mudah, baik dengan menggunakan mouse atau keyboard. Anda dapat menggambar dinding, pintu, jendela, tangga, atap, dan lantai dengan cepat dan akurat. Anda juga dapat mengimpor gambar latar belakang, seperti peta atau foto, untuk membantu Anda menggambar denah rumah yang sesuai dengan lokasi dan ukuran aslinya.
  • Menata furnitur dan aksesoris rumah dari katalog yang berisi lebih dari 1500 objek, atau mengimpor objek 3D dari sumber lain. Anda dapat menyesuaikan warna, tekstur, ukuran, rotasi, dan posisi objek dengan mudah. Anda juga dapat menambahkan efek cahaya, bayangan, dan refleksi untuk membuat desain Anda lebih hidup.
  • Melihat hasil desain dalam tampilan 3D, baik dari sudut pandang pengunjung atau burung. Anda dapat melihat rumah Anda dari berbagai sudut dan jarak, dan berjalan-jalan di dalamnya. Anda juga dapat mengubah waktu dan cuaca untuk melihat efeknya terhadap pencahayaan dan suasana rumah Anda.

Menginstall Sweet Home 3D

Sweet Home 3D tersedia dalam dua versi: versi online yang dapat diakses melalui browser web, dan versi offline yang dapat diunduh dan diinstal di komputer Anda. Sweet Home 3D mendukung berbagai sistem operasi, seperti GNU/Linux, Windows, Mac OS X, IOS dan Android.

Untuk menginstal Sweet Home 3D, Anda dapat mengunduh paket instalasinya dari situs resminya. Ada beberapa pilihan paket instalasi yang sesuai dengan sistem operasi dan preferensi Anda. Cara instalasinya adalah sebagai berikut:

1. Distribusi GNU/Linux.

Dari halaman unduhan untuk rilis terbaru, unduh salah satu file berikut:

  • SweetHome3D-{versi}-linux-x86.tgz untuk GNU/Linux, 32-bit.
  • SweetHome3D-{versi}-linux-x64.tgz untuk GNU/Linux, 64-bit.

Setelah terunduh kemudian ekstrak file tersebut. Beberapa alat tersedia untuk mengekstrak arsip ini. Jika tidak yakin, Anda dapat menggunakan PeaZip.

Jika sudah diekstrak, pindahkan folder SweetHome3D-{versi} ke folder /opt/. Jika tidak ada kendala, selanjutnya kita buat launcher aplikasinya sehingga kita bisa menjalankannya dari menu aplikasi.

Buka terminal dan masukkan baris perintah berikut (Ganti tulisan versi dengan versi yang telah di unduh):

$ sudo nano /usr/share/applications/sweethome3d-{versi}.desktop

Copy dan paste konten di bawah ini ke dalam file dan simpan (Ganti tulisan versi dengan versi yang telah di unduh).

[Desktop Entry]
Version=1.0
Name=Sweet Home 3D {versi}
GenericName=Interior 2D design application with 3D preview
GenericName[de]=Innenraumplaner
Comment=Interior design Java application for quickly choosing and placing furniture on a house 2D plan drawn by the end-user with a 3D preview
Exec=/opt/SweetHome3D-{versi}/SweetHome3D
Icon=SweetHome3DIcon
StartupNotify=true
StartupWMClass=com-eteks-sweethome3d-SweetHome3D
Terminal=false
Type=Application
Categories=Graphics;2DGraphics;3DGraphics;
Keywords=interior;design;2D;3D;home;house;furniture;java;

Membuat ikon untuk Sweet Home 3D (Ganti tulisan versi dengan versi yang telah di unduh).

$ cd /opt/SweetHome3D-{versi}

$ cp SweetHome3DIcon.png /usr/share/icons/

Setelah terinstal, luncurkan Sweet Home 3D dari peluncur aplikasi Anda dan nikmatilah!

2. Menginstal untuk Windows.

Sweet Home 3D untuk Windows hanya didistribusikan dalam bentuk exe. Dari halaman unduhan untuk rilis terbaru, unduh file SweetHome3D-{versi}-windows.exe. Kemudian Jalankan program instalasi yang telah diunduh, dan ikuti petunjuk dari wizard instalasi.

3. Menginstalasi untuk OS X

Sweet Home 3D untuk OS X didistribusikan dalam bentuk arsip dmg. Dari halaman unduhan untuk rilis terbaru, unduh file SweetHome3D-{versi}-macosx.dmg. Seret SweetHome3D-{versi}-macosx.dmg ke folder Aplikasi dan jalankan seperti aplikasi OS X lainnya.

Anda juga dapat mengikuti instruksi instalasinya dari panduan Sozi yang tersedia dalam bahasa Inggris dan Prancis yang juga bisa Anda akses di situs resminya.

4. Menginstalasi untuk Android

Untuk memasang Sweet Home 3D di perangkat Android, silahkan unduh Sweet Home 3D melalui Google Playstore.

5. Menginstalasi untuk IOS

Untuk memasang Sweet Home 3D di perangkat IOS, silahkan unduh Sweet Home 3D melalui App Store.

Anda juga dapat mengikuti instruksi instalasinya dari panduan Sweet Home 3D yang tersedia dalam berbagai bahasa yang juga bisa Anda akses di situs resminya.

Penutup

Sweet Home 3D adalah aplikasi desain interior yang gratis, mudah, dan menyenangkan. Dengan Sweet Home 3D, Anda dapat mendesain rumah Anda sendiri, menata furnitur, dan melihat hasilnya dalam tampilan 3D. Anda juga dapat membuat gambar, video, atau file PDF dari hasil desain Anda, dan membagikannya dengan orang lain. Jadi, jangan ragu lagi. Unduh Sweet Home 3D sekarang juga, dan mulailah mendesain rumah impian Anda.

Disclaimer: Sebagai tambahan bahwa informasi yang ada pada artikel ini adalah sesuai dengan saat kami menulis artikel ini, bisa saja di kemudian hari terjadi perubahan informasi yang menjadikan informasi di artikel ini kurang relevan karena perbadaan informasi yang ada dengan saat anda menemukan artikel ini. Oleh karena itu tetaplah mengikuti perkembangan yang ada melalui komunitas FOSS dan website resmi dari masing-masing progam komputer tersebut.

Link Referensi Penting:


Barakallahu fiikum

Creative Commons License
Tulisan ini berada di bawah naungan lisensi (perjanjian pengguna) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AI Projek
Temukan Pengetahuan Baru, Pelajari, Berubah, dan Bagikan Kebaikannya!

Komentar